BLOG

Informasi Mengenai CCTV

Langkah-Langkah Pemasangan CCTV

Butuh keahlian khusus dalam hal pemasangan CCTV. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menyerahkan urusan ini kepada ahlinya. Sebaiknya Anda tidak lakukan sendiri jika tidak punya cukup ilmu dan pengalaman.

Setelah tahap desain sistem CCTV, tahap selanjutnya adalah pemasangan instalasi CCTV. Dalam hal ini instalasi peralatan dan kamera harus dipasang dalam posisi bebas dari penghalang. Selain itu sedapat mungkin tidak mengarah langsung ke sumber cahaya yang terang. Alasannya ialah untuk gambar yang dihasilkan lebih jelas, atau tidak mengalami biasa lantaran berbenturan dengan cahaya yang lain.

Hal penting lain yang harus turut menjadi perhatian khusus adalah pemasangannya juga harus memungkinkan instalasi dan pemeliharaan bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan aman. Lalu seperti apa tahapannya?

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Pemasangan CCTV

Pada saat Anda ingin memasang CCTV, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan. Tanpa alat-alat ini sepertinya pemasangan akan sulit dilakukan. Beberapa alat yang harus dipersiapkan saat memasang CCTV adalah bor, palu, tang potong dan jepit, lakban hitam, obeng min dan plus, kabel roll dan tali tis.

Sementara itu beberapa bahan lain yang mungkin dibutuhkan adalah 1 terminal kuningan 4 lubang, kabel eterna sesuai kebutuhan, klem kabel dengan ukuran 12, 1 steker, dan 2 siku besi. Nah, setelah semua persiapan dirasa cukup, kini saatnya untuk memasang CCTV.

Cara Pasang CCTV Yang Benar

Pemasangan CCTV tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Langkah demi langkah harus dilakukan secara benar. Nah, untuk langkah pasang CCTV sendiri adalah:

  1. Hitung terlebih dahulu jarak antara DVR dan kamera CCTV yang sebelumnya sudah ditentukan titiknya. Hal ini ditujukan untuk menentukan jarak atau ukuran panjang kabel CCTV pada saat Anda membelinya nanti.
  2. Setelah Anda menghitungnya, langsung saja tes kabel dengan menggunakan tester. Tindakan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya kabel yang terputus. Tindakan ini sebaiknya dilakukan sebelum CCTV resmi dibeli.
  3. Siapkan alat-alat untuk pasang CCTV seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi. Kemudian pastikan alat-alat tersebut tidak jauh dari jangkauan Anda.
  4. Buatkan kabel CCTV dengan panjang 50 cm. Setelah itu pasang konektor BNC lalu hubungkan langsung ke kamera CCTV dengan monitor dan DVR. Pastikan juga gambarnya terlihat.
  5. Ingat, lakukan langkah di atas tadi sebelum instalasi kabel. Tujuannya agar tidak terjadi kerusakan pada kamera CCTV. Misalnya saja seperti gangguan listrik atau kamera yang tidak menyala.
  6. Ingat juga untuk mengatur pemasangan kabel secara rapi. Selain itu hindari membiarkan kabel teruntai atau tertekuk di sudut ruangan.
  7. Ada baiknya untuk tidak memotong kabel terlebih dahulu. Sebaiknya pastikan dulu pemasangan kabelnya sudah sesuai dengan instalasi kamera sampai DVR. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari masalah kependekan kabel.
  8. Terakhir, sambungkan DVR ke TV/Monitor lalu nyalakan CCTV. Kamera pemantau atau CCTV pun sudah bisa difungsikan.

Beberapa Permasalahan Dalam Memasang CCTV

Saat memasang CCTV, kendala utama yang sering dihadapi adalah gambar yang tidak bisa tampil. Tapi Anda jangan panik dulu, Anda hanya perlu memastikan kabel dalam keadaan baik dan tidak terputus atau terlipat.

Dalam hal ini Anda bisa menggoyang kabel secara perlahan hingga gambar muncul di layar monitor/TV. Tapi jika Anda merasa kurang memiliki kemampuan untuk memasang CCTV, solusinya ialah menyerahkan urusan pemasangan CCTV pada ahlinya.

Leave a Reply

Hubungi Kami

balecctv.care@gmail.com
+62 856-4007-4740
Open chat
Konsultasi Gratis