BLOG

Informasi Mengenai CCTV

Cara Memperbaiki CCTV Mati Sesuai dengan Penyebab

Jika bisa memperbaiki CCTV mati sendiri, kenapa juga meminta bantuan pada tenaga service? Apakah Anda sependapat?

CCTV mati memang sudah menjadi resiko. Kejadian ini sangatlah lumrah. Penyebabnya beraneka ragam. Anda perlu mengetahuinya supaya bisa meminimalkan kejadian tidak menyenangkan tersebut.

Kalaupun terlanjur mati, minimal Anda sudah tahu biang masalahnya. Dari informasi ini, Anda bisa segera mengambil tindakan. Yakni memperbaikinya langsung pada titik permasalahannya.

Nah, kami akan berbagi informasi terkait penyebab CCTV mati berikut cara memperbaikinya. Jadi, mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kerusakan Pada Chipset

Salah satu permasalahan yang mungkin berakibat pada matinya CCTV berasal dari kerusakan chipset. Kerusakan ini bisa terlihat dengan terbakarnya bagian tersebut, atau terdapat penggelembungan IC Power yang diakibatkan oleh kurang stabilnya aliran listrik.

Khusus untuk terbakarnya chipset, ini tidak lain disebabkan oleh adanya korsleting. Korsleting listrik diakibatkan oleh adanya cairan yang masuk. Secara, CCTV Anda terpasang di luar dan kemungkinannya akan dimasuki air ketika hujan.

Cara memperbaiki CCTV mati akibat chipset ini ialah dengan menggantinya. Anda bisa membelinya di toko sparepart CCVT.

Untuk langkah pemasangannya, copot terlebih dahulu kabel dan socket yang terdapat pada kamera pengintai. Buka kamera dengan hati-hati dan tanggalkan socketnya.

Di sini, Anda sudah bisa melihat penampakan chipset yang terbakar. Langkahnya ialah cukup dengan membuka bautnya. Kemudian ganti dengan chipset yang baru. Lantas, kembalikan seluruh bagian seperti semula dan lihat hasilnya.

Yang perlu diperhatikan ialah apakah bagian tersebut masih meninggalkan semacam cairan atau tidak. Jika masih terdapat air, keringkan terlebih dahulu. Kalau tidak dikeringkan, air ini akan menyebabkan konslet yang berujung pada terbakarnya chipset.

Kerusakan Pada Adaptor

Adaptor merupakan bagian terpenting dimana alat inilah yang menjadi perantara aliran listrik. Fungsinya jelas untuk mengatur besaran daya listrik yang masuk ke dalam kamera pengawas.

Fungsinya yang cukup berat menjadikannya lebih mudah untuk mengalami kerusakan. Ketika bagian ini rusak, sudah pasti akan berakibat pada matinya kamera CCTV.

Untuk memastikan apakah bagian tersebut rusak atau tidak, ini bisa dites dengan memanfaatkan Avometer. Peralatan ini akan menunjukkan baik tidaknya kondisi adaptor. Jika adaptor ini yang bermasalah, Anda tinggal mengganti adaptor yang baru.

Kerusakan Pada Port Connector

Matinya CCTV juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada port konektor yang terdapat pada DVR. Dikarenakan rusak, monitor tidak lagi bisa menampilkan gambar. Bahkan tidak bisa merekam sama sekali.

Cara pengecekannya bisa dilakukan dengan memindahkan ke port lain. Tujuannya untuk memastikan bagian inilah yang bermasalah. Jika gambar bisa ditampilkan setelah dipindah posisinya, berarti masalahnya ada pada port.

Untuk sementara waktu, Anda cukup menggunakan port yang baru. Sementara port konektor yang rusak bisa diganti dengan yang baru. Minimal, Anda perlu menyervisnya atau meminta bantuan pada tenaga service.

Ketika kondisinya sudah diperiksa dan sejumlah masalah di atas menunjukkan tanda sehat, masalahnya bisa berasal dari kameranya sendiri. Kerusakan kamera ini mengharuskan Anda untuk melakukan pergantian. Terlebih jika infrared-nya juga tidak hidup.

Kalau infrared-nya mati, Anda memang butuh penanganan khusus. Sebaiknya, Anda bawa ke tukang service. Di sini, tukang akan melakukan pemeriksaan secara mendetail. Kemudian bisa menentukan langkah perbaikan secepat mungkin.

Kesimpulannya, periksa terlebih dahulu seluruh bagian CCTV. Jika kerusakannya ringan, Anda bisa memperbaikinya sendiri. Sebaliknya jika sudah berhubungan dengan DVR ataupun kameranya, solusi memperbaiki CCTV mati ini adalah dengan membawanya ke tukang service.

Atau Anda juga menghubungi jasa service CCTV. Hubungi langsung di nomor +62 856-4007-4740

Leave a Reply

Hubungi Kami

balecctv.care@gmail.com
+62 856-4007-4740
Open chat
Konsultasi Gratis