BLOG

Informasi Mengenai CCTV

Jenis Kabel CCTV dan Penggunaannya

Jenis kabel CCTV cukup banyak. Memiliki kelebihan tersendiri dalam menunjang kinerja kamera. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk menentukan jenis yang terbaik.

Penyedia jasa pasang CCTV profesional pasti tahu tentang hal ini. Mereka selalu menggunakan jenis kabel sesuai dengan kebutuhan. Mereka juga akan mempertimbangkan faktor-faktor lainnya agar CCTV bisa bekerja secara maksimal.

Perlu diketahui bahwa CCTV merupakan peralatan keamanan yang dibuat secara sistematis. Peralatan ini terbagi menjadi beberapa. Diantaranya adalah kamera, DVR dan monitor.

Agar berfungsi sebagaimana mestinya, dibutuhkan sebuah kabel penghubung ketiga bagian tersebut. Makanya, tidak salah jika Anda juga perlu melakukan pembelian kabel sebagai pelengkap CCTV.

Sebagai pemilik, ada hal yang perlu dicermati. Kejernihan visualisasi yang didapatkan di monitor ini ditentukan oleh dua hal. Pertama adalah kabel yang digunakan. Kedua adalah panjang kabel itu sendiri.

Untuk menjelaskannya secara detail, ada baiknya jika Anda mengenal tentang jenis kabel CCTV tersebut. Mari simak jenisnya beserta panjang ideal sebagai penghantar listriknya di bawah.

Jenis Kabel untuk Pemasangan CCTV

Dalam instalasi CCTV, Anda akan menemukan 3 jenis kabel yang biasanya digunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Coaxial

Jenis ini hanya memiliki 1 line video saja. Dibuat kosong, atau belum terhubung dengan apapun. Oleh karenanya, Anda perlu menambahkan konektor sewaktu ingin melakukan pemasangan.

Kebanyakan, jenis kabel ini sering ditinggalkan. Alasannya butuh pekerjaan dua kali sewaktu dipergunakan. Dan harganya juga cukup mahal. Yakni di kisaran 200-300 ribu rupiah.

  1. Coaxial dan Power

Ini merupakan tipe kabel gabungan. Kabelnya bisa langsung digunakan untuk menghubungkan kamera dengan jalur video dan adaptor. Jadinya, Anda tidak akan kesulitan dalam hal pemasangan.

Jenis ini lebih sering digunakan oleh pemilik CCTV. Alasannya kabelnya sudah menjadi satu kesatuan. Kemudian sesuai dengan pemasangan jarak jauh.

  1. Kabel 3 Jalur

Jenis kabel ini bisa dibilang lebih praktis. Sudah dilengkapi dengan konektor yang mana memungkinkan pemasangan tinggal dihubungkan. Dengan begitu, pemasangannya akan cepat selesai.

Kabel yang tersedia ini akan menjadi jalur bagi video, adaptor dan audio. Masing-masing bisa langsung terhubung dengan bagian CCTV. Contohnya ialah bisa langsung dikaitkan dengan kamera.

Untuk jenis ini, kabel yang disediakan hadir dalam beberapa ukuran. Diantaranya panjangnya hanya sekitar 30-40 meteran. Jadi, tidak cukup panjang sebagaimana bila Anda membeli kabel yang disebutkan sebelumnya.

Panjang Maksimal Untuk Kabel CCTV

Pada kenyataannya, kabel menjadi salah satu penghubung yang begitu dibutuhkan. Kabel ini akan menghubungkan kamera ke DVR. Kemudian dihubungkan dengan Monitor, serta dihubungkan ke adaptor untuk urusan pengaliran listrik.

Kabel yang berkualitas tentunya mampu mengalirkan listrik dengan baik. Selain itu, kualitasnya juga akan mendukung sekali terhadap kejernihan gambar.

Setiap jenis kabel sebenarnya memiliki kemampuan berbeda. Tetapi panjang maksimal kabel yang bagus di kisaran 200 meteran. Jika lebih dari itu, ada kemungkinan bahwa gambar yang didapatkan oleh kamera tidaklah bagus.

Penyebabnya ialah kurangnya daya ataupun adanya kerusakan kecil pada serat kabel. Kerusakan ini tentunya akan membuat distribusi gambar tidak penuh. Menyebabkan pemonitoran tidak maksimal.

Ketika Anda menggunakan kabel, usahakan untuk menempatkan di tempat yang terlindung. Kabel bisa diletakkan di atas plafon. Kalaupun diletakkan di luar ruangan, usahakan agar membungkusnya semisal dengan pipa/paralon.

Fungsinya ialah untuk melindungi kabel dari kebocoran atau kerusakan akibat cuaca. Pasalnya, materi kabel ini agak rentan rusak ketika terlalu sering mendapatkan sinar matahari secara langsung.

Itulah yang bisa disampaikan di sini. Silakan tentukan jenis kabel CCTV yang sekiranya Anda perlukan. Kemudian, atur pemasangannya dengan baik untuk menghindarkan dari kerusakan dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Hubungi Kami

balecctv.care@gmail.com
+62 856-4007-4740
Open chat
Konsultasi Gratis